Haji Dulu Atau Umroh ? Ini Penjelasan Buya Yahya

  • Bagikan
Buya Yahya. Foto : Tangkapan layar YouTube

DAFA ASSYAFIIYYAH – Dalam sebuah kesempatan, seorang pria bertanya pada Buya Yahya bagaimana jalan keluarnya jika mendapat rejeki untuk beribadah. Jika uang pas-pasan, haji dulu atau umroh? Kurang lebih, begitu poin utama pertanyaannya.

Pertanyaan jika uang pas-pasan, haji dulu atau umroh ini dijawab oleh Buya Yahya dalam channel Youtube Al-Bahjah TV. Pertama-tama, Buya Yahya menekankan bahwa ibadah haji wajib bagi yang mampu.

“Yang pertama harus dipahami bahwasanya haji itu wajib bagi yang mampu. Yang tidak mampu, tidak wajib haji. Gak perlu memaksakan diri dengan ngutang,” kata Buya Yahya.

Baca Juga : Benarkah Dilarang Salat Terlalu Lama? Begini Penjelasan Gus Baha

Beliau menganjurkan agar tidak memaksakan diri untuk menunaikan haji atau umroh jika belum mampu. Buya bahkan mengatakan tak ada kewajiban mencari uang untuk pergi haji dalam agama Islam.

“Tidak wajib bagi Anda cari uang untuk naik haji, yang wajib Anda cari uang untuk nafkahi istri,” ujar Buya Yahya.

Kewajiban menunaikan ibadah haji hanya dilakukan bila seseorang sudah kaya, rezeki lancar dan dilebihkan oleh Allah. Ia menyebut, haji dan umroh adalah ibadah wajib bagi yang mampu dan itu cukup dilakukan sekali seumur hidup.

Berikutnya, ia menjelaskan alasan mengapa banyak umat Islam yang lebih menekankan ibadah haji ketimbang umrah, karena jika menunaikan ibadah haji, itu sekaligus umrah namun jika hanya melaksanakan ibadah umrah, ibadah hajinya tak termasuk.

“Cuman kalo orang umrah saja, hajinya gak dapet, tapi kalo orang haji pasti pake umrah,” tambah beliau.

  • Bagikan