Petis Madura Kuliner Tradisional Di Kenal Hingga Ke Arab Saudi

  • Bagikan
Petis Madura, Kuliner Sederhana di kenal hingga ke Manca Negara (NOJ/Alisa

DAFA ASSYAFIIYYAH – Petis Madura adalah salah satu kuliner khas Madura yang cenderung asin, gurih, legit, serta warna petisnya buram kecoklatan. Serta rasa ikannya cukup terasa, walaupun sudah dilanjutkan kepada generasi yang sekarang.
Pemilik usaha Petis Hj Diya Food Daiman mengatakan petis Madura berasal dari sebuah desa Tanjung, Sampang.
“Tanjung merupakan sebuah nama desa di Sampang yang terkenal dengan hasil ikannya yang melimpah dan kemudian dikembangkan prosesnya untuk dijadikan petis Madura,” ujarnya, Ahad (02/09/2022).
Tak heran, kuliner satu itu bisa mudah ditemukan jika wisatawan datang ke desa itu. Tapi sudah banyak juga di pusat oleh-oleh yang menyediakan petis Madura. Harga yang ditawarkan pun bervariasi.
“Harga bervariasi dari yang petis biasa 1 kg Rp20.000, petis gurih 1 kg Rp50.000. Kalau harga terasi per bijinya Rp5.000, mentah Rp7.000, dan kukus Rp8.000”, terangnya.
Seperti di lansir dari NU Online Jatim Petis Madura yang merupakan hasil dari sari ikan dijadikan bibit petis butuh proses dua hari. Lalu difermentasi selama satu bulan yang dicampur dengan gula untuk pengentalnya.

“Terdiri dari ikan tuna, pindang, dan udang. Kuliner ini biasanya disajikan untuk bumbu sambal bersama buah-buah, sayur-sayuran,” terangnya.

  • Bagikan